11 April 2010

Pulau Weh is Very Very Very Peaceful Island

Saya terpaksa meggunakan judul ini, Pulau Weh is Very Very Very Peaceful Island dalam tulisan kali ini. Pasalnya, keberadaan Pulau Weh (Weh Island) yang dari dulunya memang aman, adem dan memiliki tingkat stabilitas yang tinggi secara sosial dan politik rupanya masih belum banyak di ketahui orang.

Ada yang bahkan tidak tahu apakah aman berlayar ke Sabang. Isu seperti belakangan mencuat cukup kencang. Bisa jadi dipicu oleh sentimen orang-orang yang tidak senang dengan pertumbuhan pasar wisata Sabang, atau bisa jadi karena kita kurang menyadari pentingnya mempromosikan Pulau Weh -- mungkin sebagai pulau paling aman di dunia-- kepada pasar potensial di Asia Tenggara, Eropa maupun Australia.

Bahkan setingkat pelaku wisata di Langkawi, Malaysia saja tidak tahu kondisi Sabang seperti apa. Jika dilihat dari sisi ini, jelas bahwa selain promosi yang minim juga soal networking (jejaring) yang dimiliki. Paling tidak networking bidang pariwisata khusus pasar Asia Tenggara, Malaysia dan Thailand bisa dijadikan saluran komunikasi pasar untuk membentuk citra yang lebih positif terhadap pariwisata Sabang.

Sebab pencitraan positif sebuah destinasi wisata itu menurut sejumlah pakar pariwisata dipandang sakral dan menjadi salah satu pertimbangan para wisatawan untuk memutuskan melakukan perjalanan atau tidak ke suatu destinasi.

Kasihan juga bila negeri sedamai Sabang ini tidak banyak diketahui pasar turis. Selama terjadi guncangan aksi teroris di dunia dalam satu dekade ini, keamanan sebenarnya menjadi salah satu faktor kompetitif. Boleh jadi satu destinasi memiliki daya tarik kuat, tetapi faktor keamanan dan kenyamanan akan selalu menjadi pertimbangan penting.

Sekali lagi, saya ingin mendeklarasikan bahwa Pulau Weh is Very Very Very Peaceful Island. A destination you have to go, feel experience and get excite in the island like you were at home. Now Every day you are WELCOME! The nature of Sabang is peace and convenience.

Perjalanan waktu selama tiga dekade terakhir membuktikan, konflik atau bahkan isu teroris-terorisan yang belakangan hangat di Aceh. Sabang tetap aman dan nyaman Bung. (ferdi nazirun sijabat : stpb)

No comments:

Post a Comment