30 March 2010

HDA Maritim - Dublin Port Gelar Diskusi Panel

Untuk menggerakkan pelabuhan Sabang pasca serahterima asset dari PT Pelindo I ke BPKS, HAD Maritim - Dublin Port bakal menggelar diskusi panel pada 31 Maret di Oasis Atjeh Hotel. Kegiatan itu berdasarkan hasil pembicaraan sebelumnya dengan BPKS dan Kadin Aceh.

Plt Kepala BPKS, Ir Nasruddin kepada kpw Senin (29/3) mengatakan diskusi panel ini merupakan bagian dari upaya BPKS untuk mendorong agar HDA Maritim - Dublin Port segera memulai kegiatannya di Pelabuhan Sabang.

Dikatakannya, diskusi panel ini bakal membahas dua tema pokok, pertama masalah distribusi barang, transportasi kesadaran dan kekuatan pasar di Aceh. Kedua, pengembangan ekonomi dan bisnis di Aceh melalui Effective Supply Chain Management, yang akan disampaikan Kepala Pokja Pelabuhan BPKS Agus Salim MSI, Head International Division Dublin Port, Ken Whelan dan Plt Kepala BPKS Ir Nasruddin Daud.

Diskusi panel ini bakal dihadiri sejumlah pengusaha ekspor impor Aceh, pejabat pemerintah dan kalangan perbankan. Ditambahkan Nasruddin, diskusi panel ini bisa mengubah pemahaman dan perilaku kalangan pengusaha di Aceh tentang jalur distribusi barang yang efektif. Khususnya fasilitas Pelabuhan Bebas Sabang dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengangkut berbagai barang dagang yang dibutuhkan untuk Aceh. “Pengangkutan dengan kapal justru dapat mengurangi ongkos angkut,”paparnya. Ia juga berharap forum tersebut dapat memberi masukan bagaimana menciptakan kebijakan sehingga barang-barang dari Aceh dapat diekspor dengan mudah keluar negeri.

No comments:

Post a Comment