15 July 2011

SABANG DESTINASI BARU WISATAWAN EROPA



oleh Halim El Bambi


KOPENHAGEN (14/07/2011) - Direktur Assosiasi Tour dan Travel Denmark Lars Thykier menerima kunjungan Wali Kota Sabang Munawar Liza Zainal di kantornya di Kopenhagen Selasa (13/07) pukul 15.00 waktu setempat. Pada pertemuan tersebut Lars Thykier didampingi perwakilan perusahaan penerbangan Singapore Airlines Trine Jacko dan Thai Airway, Flemming Sonne. Sedangkan Munawar Liza didampingi Deputi Umum BPKS Lukman Age, Kepala Bidang Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang M. Ali Taufik, Ketua Rumoh Aceh Internasional Fauzi Umar serta tokoh masyarakat Aceh Denmark Zulkifli Yahya.

Munawar Liza menyampaikan bahwa pertemuan dengan pihak Assosiasi Tour dan Travel serta perusahaan penerbangan di Denmark dimaksudkan untuk mempromosikan potensi alam dan pariwisata Aceh khususnya Sabang kepada masyarakat Eropa. “Tour agency dan perusahaan penerbangan merupakan jaringan penting yang harus dibina untuk memajukan suatu kawasan pariwisata” kata Munawar.

Dalam pertemuan itu, Lars Thykier menyambut baik gagasan Walikota Sabang dan menyampaikan bahwa Sabang merupakan destinasi baru bagi turis di Eropa yang sangat potensial untuk dikembangkan. Lars juga menambahkan bahwa sebagai destinasi baru semua stakeholder pariwisata di Sabang perlu kerja keras untuk membangun jaringan yang kuat yang memperkenalkan Sabang ke masyarakat dunia. Sementara di Sabang sendiri, infrastruktur seperti penerbangan langsung dan fasilitas pendukung lainnya juga perlu disiapkan dengan baik.

Assosiasi Tour dan Travel Denmark juga mengundang Pemerintah Kota Sabang untuk berpartisipasi dalam program-program promosi yang mereka laksanakan, yang menurut Lars sangat strategis dalam memperkenalkan Sabang secara lebih jauh kepada dunia pariwisata di Eropa.

Diterima Duta Besar RI untuk Denmark

Sebelumnya delegasi Pemko Sabang, BPKS dan House of Aceh diterima Duta Besar RI untuk Denmark dan Lituania Abdul Rahman Saleh di kantor Kedubes RI di Kopenhagen. Munawar secara khusus menyampaikan pesan khusus Gubernur Aceh Irwandi Yusuf agar pihak kedutaan juga turut membantu mempromosikan potensi sumberdaya alam dan pariwisata Aceh kepada masyarakat Eropa. Abdul Rahman Saleh yang juga mantan Jaksa Agung tersebut menyambut baik harapan tersebut dan menyatakan siap untuk membantu dan mempromosikan Aceh pada masyarakat Eropa.

Selain itu pihak kedutaan juga menawarkan kerjasama untuk menggalakkan investasi pengusaha di Eropa ke Sabang, mengingat Sabang merupakan kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas yang tentunya akan menarik minat banyak investor menanamkan modalnya di Aceh. Tawaran ini disambut positif oleh delegasi Aceh dan berniat akan menyusun misi investasi yang lebih komprehensif dengan melibatkan pengusaha lokal di masa yang akan datang.(FU/HELB-Network).

Sumber : http://www.facebook.com/notes/halim-el-bambi/sabang-destinasi-baru-wisatawan-eropa/10150259094108153

Artikel terkait :

Kemajuan Sabang Ditangan Pengusaha
Empat peluang invstasi sektor pariwisata di Sabang

No comments:

Post a Comment