27 June 2010

Peringatan HUT Ke-45 Kota Sabang



15 Provinsi Ramaikan Festival Nol Kilometer

SABANG - Komite Musikalisasi Puisi (Kompi) dari 15 provinsi di Indonesia, akan meramaikan Festival Seni Nol Kilometer yang digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-45 Kota Sabang. Sementara itu, Kamis (24/6) kemarin, upacara memperingati HUT tersebut berlangsung khidmat di Lapangan Yos Sudarso, Sabang. Upacara yang dipimpin Wakil Wali Kota Sabang, Islamuddin ST, diikuti jajaran PNS, TNI/Polri, dan mahasiswa. Turut hadir Wali Kota Sabang Munawar Liza Zainal, Ketua DPRK Abdul Manan, serta unsur Muspida. Wali Kota dan unsur Muspida mengenakan pakaian adat Aceh, yang khusus dipakai pada upacara peringatan HUT Kota Sabang.

Munawar Liza kepada wartawan usai upacara menyatakan, perayaan HUT Kota Sabang kali ini dikemas dengan acara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Even yang digelar antara lain, Festival Seni Nol Kilometer, senam dan penanaman pohon, gerak jalan, pementasan musik Rafli Kande, atraksi Barongsai, dan sejumlah kegiatan sosial. “Tujuan kita, even-even ini bisa memikat wisatawan berkunjung ke Sabang,” kata Munawar Liza. Sementara Ketua Panitia Festival Seni Nol Kilometer, Drs Jamin Seda, secara terpisah mengatakan, ke 15 Kompi yang akan meramaikan festival itu antara lain, Aceh, Sumut, Jambi, Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Sulawesi Utara, Maluku, dan Deavies Sanggar Matahari, dengan total 130 peserta.

“Festival ini awalnya direncanakan digelar di Kilometer Nol. Tapi, karena pertimbangan teknis dan cuaca, dialihkan ke arena Sabang Fair. Kegiatan ini selama empat hari dan dibuka oleh Wali Kota pada Jumat malam, tanggal 26 Juni,” kata Jamin. Jamin juga menginformasikan, Jumat (25/6) hari ini, sejumlah penyair Aceh akan tampil membacakan puisi di atas kapal ferry KMP BRR Aceh, saat melakukan penyeberangan dari Ulee Lheue, Banda Aceh, ke Balohan, Sabang. Di antarnya, Fikar W Eda yang bermukim di Jakarta dan D Keumalawati.(fs/mir)

sumber : http://serambinews.com/news/view/33591/15-provinsi-ramaikan-festival-nol-kilometer

No comments:

Post a Comment