09 December 2009

Dimungkinkan Suplai Listrik Kabel Bawah Laut Ke Sabang



SABANG - Peningkatan suplai daya listrik ke Sabang dimungkin dengan pemasangan konek kabel bawah laut dari Banda Aceh. Dengan begitu suplai daya listrik dari Sumatera juga dapat didistribusikan ke Sabang guna mendukung sektor pariwisata dan investasi di daerah ini. Mengenai peluang dimungkinkannya koneksi listrik bawah laut dikemukakan kodikemukakan General Mantager PLN Sumut DR Ir Manerep Pasaribu MM sesuai membuka Pelatihan Outbond II Karyawan PLN Sumut di Aula Pemko Sabang Senin (07/12) kemarin.

“Kalau ada kabel laut itu amanlah listrik ke Sabang. Karena saat ini jumlah arus listrik dari Sumut ke Aceh mencapai 160 megawatt,”pungkas Manerep.

Namun Manerep enggan menjelaskan lebih detil perihal nilai investasi dan siapa saja yang berkompeten membangun koneksi tersebut. Pada kesempatan itu Manerep juga menjelaskan jumlah daya listrik yang dialirkan dari Sumut ke Aceh mencapai 160 Megawatt.

“Kita selalu membuat perimbangan dalam penyaluran listrik ke Aceh. Sejauh ini distribusinya aman. Kalau distribusi di Medan aman, amanlah distribusinya di Aceh,”tukas pria berkacamata ini. Kemungkinan penambahan daya listrik yang bakal dipasok ke Aceh baru bisa direncanakan pada tahun depan dengan perhitungan adanya tambahan energi listrik dari sejumlah pembangkit yang ada di Sumut diantaranya dari PLTA Asahan dan PLTU Langkat. Di Indonesia pasokan listrik melalui kabel bawah laut diantaranya terdapat pada jaringan koneksi Pulau Jawa dan Bali. (kpw)

No comments:

Post a Comment