21 December 2008

Ketuban Keruh Sebabkan Kematian Bayi


SABANG – Kecanggihan teknologi dibidang kedokteran memungkin pendeteksian dini, kemungkinan adanya gangguan kesehatan pada bayi selagi dalam kandungan.  Ahli Kandungan pada RSU Sabang dr Sugono SpOG kepada KPW Jumat (19/12) menyebutkan dengan menggunakan alat USG Empat Dimensi Voluson 730, dimungkinkan mendeteksi adanya pengeruhan pada cairan ketuban Ibu Hamil.

Secara medis, itu terjadi akibat klep pembuangan pada janin tidak lagi berfungsi secara normal, sehingga membuat air ketuban jadi keruh. Ini dipicu oleh kurangnya kadar asupan gizi dan faktor  kesehatan ibu yang berdampak janin.  Jika tidak lekas diantispasi kata Sugono bisa menghambat saluran darah dan oksigen ke tali pusar bayi. Hal itu kata dia bisa berisiko kematian bayi dalam kandungan. 

"Banyak kasus kematian bayi dalam kandungan, karena tidak diketahui adanya air ketuban yang keruh,"papar Sugono disela-sela memeriksa salah seorang pasiennya di Unit Radiologi RSU Sabang.

Dalam sepekan terakhir dia menemukan lima kasus ibu hamil dengan kondisi air ketuban sudah mengeruh. Solusi medis yang diberikan ke pasien tersebut, kata Sugono dengan memberi pemacu persalinan. Namun, hal ini tidak bisa diberikan jika mengganggu kondisi janin maupun Ibu hamil. Diakuinya belakangan kesadaran ibu hamil memeriksa  kehamilan kian menigkat.(fs)

No comments:

Post a Comment