01 November 2008

Seiichi Okawa

Wartawan Metro TV Biro Tokyo, Seiichi Okawa saat mengidentifikasi nisan wanita asal Jepang di pekuburan Merbabu, Kota Atas. Seiichi yang juga pegiat kebudayaan kerap berkunjung ke Sabang. Peninggalan sejarah kolonial Jepang dan eksotisme alam Pulau Weh kerap membawanya kembali ke Sabang. 

Lokasi pekuburan itu sempat dibersihkannya dengan tongkat. Beberapa tahun terakhir ia terpaksa menggunakan tongkat, setelah kakinya patah dalam sebuah insiden tabrakan di Tokyo.


Ketika berada di Sabang sekitar 7 tahun silam, Seiichi juga pernah menjadi seorang anak warga Iboih sebagai anak angkat. ketika ke Sabang pada tahun 2007 lalu, ia sempat bertemu dengan anak angkatnya itu. Ichwani namanya. Ia pernah menjanjikan Ichwani untuk membantu membiayai pendidikan jika saja Ichwani mau melanjutkan kuliahnya ke Jakarta, atau ke Tokyo sekalipun.

Kunjungannya ke Aceh kali ini dalam rangka pemutaran film Sakura, yang mengisahkan tentang warga Aceh yang berayahkan orang Jepang. Seiichi kini terus bekerja mempererat jalinan budaya antara Jepang dan Indonesia. (kpw)

1 comment:

  1. wah bang.. albina sekarang dah coba buat wadah untuk para pemerhati Heritage seperti pak poniman, dll SHS (sabang Heritage Society), kenapa gak kita kebut kembangkan habis2an, capek slama ini gakda kawan, akhirnya jadi slow kerjanya.

    ada email mr okawa gak?
    syukran
    dari gedung sebelah, he..he..

    ReplyDelete